Kota Jakarta

Dilanda Gempa 6,1 SR, Daerah Jakarta dan Sekitarnya Masih Merasakan Gempa Susulan

Tidak hanya terjadi di Jakarta, gempa susulan juga kembali terjadi di Banten, tepatnya di barat daya kabupaten Lebak pada hari selasa 23 Januari 2018. Gempa susulan ini cukup memberikan dampak yang besar bagi masyarakat setempat karena kekuatannya yang cukup besar yaitu 6,1 skala richter. Bahkan tercatat telah terjadi sebanyak 53 gempa susulan dengan magnitudo yang agak kecil, hal ini diutarakan oleh Sutopo Purwo Nugroho, Kepla Pusat Data Informasi dan Humas BNPB. Menurutnya gempa susulan tersebut wajar karena secara alamiah sebuah gempa besar akan diikuti oleh beberapa gempa susulan untuk mencari keseimbangan sistem lempeng bumi.

Waspada Gempa

Gempa berkekuatan 6,1 SR itu telah tercatat beberapa data mengenai korban peristiwa gempa tersebut hingga kecamatan mana saja yang merasakan gempa tersebut. Setidaknya ada 73 kecamatan di 3 provinsi yaitu DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat. Bahkan satu orang dilaporkan meninggal dunia akibat serangan jantung saat gempa terjadi yaitu Nana Karyana (40) yang kala itu tengah memperbaiki genteng rumahnya. Tidak hanya itu, ada juga korban luka berat maupun ringan dari peristiwa gempa tersebut yang berjumlah 11 orang. Beberapa rumah juga tercatat mengalami kerusakan yaitu 1.894 rumah mengalami kerusakan ringan, 575 rumah mengalami kerusakan sedang, dan 291 rumah rusak berat. Kabupaten Lebak Sukabumi merupakan salah satu kabupaten yang lumayan parah karena lokasinya yang dekat dengan pusat gempa.

Bantuan logistik sudah mulai disalurkan oleh kepala BNPB, Willem Rampangilei. Bupati Lebak juga telah menetapkan Surat Keputusan Status tanggap Darurat sebagai tindakan untuk penanganan gempa di Lebak. Mungkin sampai saat inipun untuk anda yang tinggal di sekitar Jawa Barat juga masih merasakan beberapa gempa dengan magnitudo kecil yang terjadi hanya dalam hitungan menit. Kerusakan yang dialami oleh gedung dan fasilitas di Jakarta tidak separah yang dialami masyarakat Bogor, Serang, Cianjur, Sukabumi, dan daerah sekitarnya. Semoga gempanya tidak berlanjut menjadi gempa dengan magnitudo yang lebih tinggi dan mengakibatkan lebih banyak kerusakan.

Leave a Reply